STNK, BPKB, Listrik Naik, Emak-emak Kerepotan

 

STNK, BPKB, Listrik Naik, Emak-emak Kerepotan

http://ajun12.blogdetik.com Beberapa hari yang lalu sempat diumumkan mengenai kenaikan pajak kendaraan bermotor. Dan itu akan berlaku mulai tanggal 6 Januari 2017. Ternyata sebelumnya kenaikan tarif dasar listrik sudah naik duluan. Saya sendiri sebetulnya juga tidak tahu, karena saya biasanya mengisi token listrik yang 1300 watt. Kemarin seorang ibu datang membeli token listrik di counter saya, listrik yang dipakai di rumah nya adalah 900 watt. Setelah melihat jumlah KWH yang diterima, ibu-ibu tersebut ngomel-ngomel.

Berikut percakapan :

Ibu: ini gimana sih, Kok cuma dapat sekian, biasanya kan sekitar 170 an KWH. Kalau kayak gini, namanya nyekek rakyat kecil

Saya: diam dan senyum senyum saja

Ibu: kemarin denger-denger, pajak motor juga mau dinaikkan ya, malah katanya 100%. Ini gimana kalau rakyat kecil seperti saya ini

Saya: Iya Bu, Sabar ya. Saya juga baru tahu hari ini. Soalnya kemarin-kemarin, tidak pernah memperhatikan KWH yang didapat.

Ibu: Untung saja saya tidak dulu saya milih. Mending di (….sensor) sajalah, daripada rakyat makin sengsara

Itulah sekelumit percakapan saya dengan seorang ibu rumah tangga yang kerjanya hanya berjualan es kelapa di dekat rumah saya. Tentu saja hal ini sangat menjadikan mereka Terpukul, dan mungkin Ibu ini juga belum tahu kalau bahan bakar juga sudah mengalami kenaikan harga.

Malah kemarin sempat kita saksikan, dari beberapa pejabat mengaku tidak tahu tentang kenaikan kenaikan ini. Ini adalah satu hal yang lucu dan menarik, jika mereka saja yang mengambil keputusan dan kebijakan tidak tahu, bagaimana dengan rakyat kecil yang tidak pernah berfikir tentang kebijakan itu. Yang ada rakyat terbebani dengan sandiwara yang selama ini dilakukan.

Anehnya juga beberapa kenaikan ini tidak ada pemberitahuan sebelumnya atau jauh-jauh hari. Bahkan dari kalangan DPR pun juga ada yang memberatkan hal ini. Jika semua tidak mengaku menaikkan harga, siapa dibalik semua penindasan ini!!??


TAGS pajak naik 2017 pajak motor naik pajak motor naik 100 % pajak listrik naik rakyat miskin rakyat kesulitan bayar pajak


-

Author

widjiume
@widjiume

Arsip