Sering Sekali Terima Status Delivered, Namun Barang Belum Sampai

Sering Sekali Terima Status Delivered, Namun Barang Belum Sampai - Bagi sahabat toko online mungkin hal ini sudah biasa terjadi ketika status dalam JNE sudah delivered, ternyata penerima belum mendapatkan barangnya alisa barang belum sampai ke tempat tujuan.

Kemarin dapat telp dari customer kalau pesanan belum sampai, sehingga menanyakan terkait barang yang dibelinya. Padahal biasanya dalam waktu 3 hari saja barang sudah sampai kerumahnya, nah kenapa ini belum juga sampai. Kebetulan produk yang dipunya juga sudah habis.

Setelah itu dia memberikan nomor resi yang pernah saya kasih dahulu. Meminta untuk dilakukan pengecekan, karena yang bersangkutan tidak dapat melakukan pengecekan. Sehingga saya bantu melakukan pengecekan kiriman ke agen jasa pengiriman yaitu JNE.

Setelah saya cek ternyata nomor resi tersebut sudah delivered dengan penerima customer yang bersangkutan. Hal itu kemudian saya informasikan pada customer, baru saat malam hari dia buka BBM untuk melihat pesan saya.

Dia terkejut dan mengatakan kalau barang belum dia terima, sehingga konfirmasi kembali ke saya.

Ternyata kejadian lagi, itu pikir saya. Soalnya sudah beberapa kali saya alami hal seperti ini pada customer lain dengan kuriri yang sama yaitu JNE. Dalam statur pengiriman cek resi di situs JNE barang tersebut sudah delivered, namun customer belum menerima barangnya.

Karena di BBM dia balas pesan pada malam hari, maka saya pagi harinya melakukan konfirmasi pada CS JNE pusat. Dan ditanggapi dengan baik, perihal masalah status sudah delivered tersebut. Saya meminta nomor komplain dan kemudian saya kirim ke customer saya.

Disamping itu ternyata customer saya yang baik hati juga menghubungi JNE sana sendiri, dan barulah ketemu masalah kalau barang tersebut masih dibawa oleh kurir yang biasa mengantar.

Hal ini sudah kejadian beberapa kali juga oleh customer saya yang ini, kalau dulu pernah nyangkut ditetangga sebelah.

Setelah jelas duduk masalahnya, customer saya bilang kalau selanjutnya tidak mau menggunakan JNE lagi, karena waswas dan tidak membuat tenang. Lebih baik menggunakan agen kurir lain yang lebih profesional.

Kendala dan Masalah yang biasa terjadi

Diatas hanyalah sebuah kasus yang ada dalam jasa pengiriman barang, dan itu tentu saja masih ada lagi masalah lain yang lebih komplek.

JNE sekarang tidak seperti yang dulu, sehingga bisa saja masalah seperti ini terjadi ketika kurir sudah melampaui batas kiriman yang dilakukan. Sehingga bisa saja barang tersebut harus nginap di rumahnya untuk kemudian diantar pada esok hari. Namun, statusnya ini yang membuat kita sebagai penjual atau pembeli online waswas.

Untung kita komplain, kalau tidak, barang bisa hilang entah kemana.

Pernah saya ngobrol sama agen JNE, kalau kurir barang yang mengantar tersebut dalam satu kecamatan bisa mengantar sampai ratusan paket. Kita sendiri bisa membayangkan betapa banyaknya yang harus mereka kirimkan. Sehingga wajar kalau sampai menumpuk.

Begitulah, namanya pekerjaan semua ada resiko dan tanggung jawab yang harus di pikul. Sehingga dengan kejadian ini sebijak mungkin kita dalam menanggapinya. Liku liku pekerjaan itu sudah biasa terjadi dan semakin hari akan semakin menambah kedewasaan kita dalam mengambil sikap. Begitu juga dengan jual-beli online yang kita jalani sampai hari ini. [ http://ajun12.blogdetik.com ]


TAGS tips pedagang online Jual-Beli pengiriman barang kurir jne telat barang delivered tapi belum sampai masalah jne barang belum sampai


-

Author

widjiume
@widjiume

Arsip